Batik Pemalangan


Pemalang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Pekalongan di sebelah timur, Kabupaten Purbalingga di sebelah selatan, dan Kabupaten Tegal di sebelah baratnya. Pemalang lebih dikenal dengan sebutan Pemalang Kota Ikhlas. Karena berdekatan dengan Kabupaten Pekalongan kota batik, ternyata di Pemalang juga berkembang batik dengan ciri khas yang unik dan berbeda dengan daerah lain.

Batik khas Pemalang dikenal dengan nama Batik Pemalangan. Motif Batik Pemalangan tidak berwarna-warni seperti pada umumnya motif batik di daerah Pesisir, namun batik ini lebih banyak menggunakan pewarna alam. Batik Pemalang memiliki kualitas bagus dengan warna alam, namun daya jual produk tersebut masih kalah dengan daerah lain. Ada beberapa penyebab, yaitu motif batik relatif monoton atau tidak berkembang, serta harganya lebih mahal. Sementara batik dari daerah tetangga, seperti Batik Pekalongan mempunyai corak beragam, memenuhi selera pasar, dan harganya relatif lebih murah.

Batik Pemalang

Batik Pemalang

Sumber: http://www.promojateng-pemprovjateng.com

Kemunculan produk batik warna alam mampu memberi warna tersendiri bagi industri batik di Pemalang. Batik warna alam dibuat dengan pewarnaan ramah lingkungan, dengan menggunakan bahan antara lain kayu dan akar. Batik warna alami memiliki sejumlah keunggulan dari pewarnaan sintetis. Untuk membuat batik alami memang cukup sulit, terutama dalam pewarnaan dibutuhkan beberapa kali proses celup dan jemur. Dari sini diperoleh warna yang sangat berbeda dari pada warna sintetis.

Batik Pemalang

Batik Pemalang

Sumber: http://www.fashionbatik.net

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Batik Pemalang selama ini kurang menonjol karena masih sedikit perajin setempat yang berani lepas dari pakem. Sehingga produk yang dihasilkan pun monoton pada motif-motif tertentu, seperti motif parang curiga, kepedak, gemek setekem atau sawat rante yang sudah diyakini menjadi ciri khas Batik Pemalang. Padahal jika melihat situasi pasar saat ini, sejumlah motif itu semakin ditinggalkan. Kalau ada yang masih memakainya, mereka dari kalangan tertentu yang diwajibkan oleh organisasi atau atasannya. Adapun saat ini pasar lebih suka dengan motif batik yang bebas dan penuh kreativitas. Guna memecah kebekuan industri batik di Pemalang maka perlu keberanian dalam membuat inovasi baru dalam motif dan pewarnaannya. Dengan begitu, batik Pemalang bisa terangkat pamornya.

Batik Pemalang Motif Gemek Setekem

Batik Pemalang Motif Gemek Setekem

Sumber: http://tokobagus.com

Batik Pemalang Motif Parang Curigo

Batik Pemalang Motif Parang Curigo

Sumber: http://masdurohman.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Terdapat juga motif batik dengan ciri khas kota Pemalang yaitu motif grombyang. Grombyang merupakan makanan khas Pemalang, motif ini dijadikan seragam sekolah untuk murid atau guru di Pemalang. Di sisi lain produk batik alam kreasinya juga mendapat perhatian sebuah lembaga bantuan modal dari Jerman. Bahkan, lembaga itu mengirimkan jurnalis untuk melihat dari dekat proses produksi batik warna alam di Pemalang. Ini membuktikan Batik Pemalang sebenarnya memiliki peluang untuk berkembang, serta meningkatkan pamor yang selama ini tenggelam.

Batik Pemalang

Batik Pemalang

Sumber: http://suaramerdeka.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Para perajin batik tulis di Pemalang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Petarukan, Taman, dan Comal. Kondisi mereka tidak menentu tergantung pada situasi. Kadang membuat batik kadang tidak. Jika ada stok produksi dan butuh uang, kain batik bisa dijual tidak sesuai dengan standar. Guna menggairahkan kegiatan mereka, Diperindag sedang menjajaki untuk mengubah batik tulis menjadi cap.

Batik Pemalang Motif Kawung

Batik Pemalang Motif Kawung

Sumber: http://basosentosa.wordpress.com

Batik Pemalang

Batik Pemalang

Sumber: http://suaramerdeka.com

Batik Pemalangan hampir punah di pasaran, upaya pemerintah untuk melestarikannya antara lain dengan cara diadakan Lomba Rancang Busana Batik Tulis Pemalangan Non Sutra setiap tahun. Kegiatan ini untuk mengembangkan aset daerah yang dimiliki Pemalang agar lebih berdaya saing. Ayo bagi pecinta batik Nusantara kita lestarikan batik tulis ini agar budaya batik terus berkembang. Semoga bermanfaat.

Sumber artikel : http://fitinline.com/article/read/batik-pemalang

Leave a comment