Selamat Jalan Bapak….


[ SELAMAT JALAN BAPAK ]

Hari ini bapak meninggal dunia. Rencananya badha dhuhur akan dimakamkan di Darmopraloyo. Bapak meninggal karena sakit Jantung.

Harusnya di hari raya Idul Fitri ini aku bahagia. Tapi jam 12 malam dini hari lebaran; ada telepon ke hp ku mengabari Bapak Telah pergi. Antara percaya dan tidak karena seminggu sebelumnya aku ngobrol dengan bapak dan berjanji kasih THR.

Rasanya baru kemarin raga ini terlelap dipangkuanmu. Namun kini ternyata Tuhan ingin mengambilmu dari pelukku dan lebih cepat. Aku sadar bahwa Tuhan jauh lebih menyayangimu dariku, Tuhan mempunyai rencana yang lebih indah untuk mu.

Bapak, selamat jalan, kami ikhlas melepasmu terbang menuju pangkuan sang khalik. Namun izinkan aku menangis sekejap untuk bisa mengenangmu dengan lebih tegar selamanya.

Bapak, percayalah malaikat kecilmu dan kekasihmu kini telah tumbuh menjadi pribadi tangguh lebih dari yang kau bayangkan.

Bapak, walau ragamu tak lagi di sisi, walau kita tidak lagi berpijak pada bumi yang sama, dan walau kini kita telah berbeda dimensi, aku percaya di suatu tempat sana doa dan harapan tulus kami akan selalu sampai padamu melalui tuhan.

Bapak, tetaplah tersenyum di pangkuanNya. Tunggulah kami yang kini sedang mengantri untuk menjadi sepertimu, menanti panggilan itu karena sesungguhnya yang berjiwa pasti akan merasakan pergi. Semoga kita bisa dipertemukan lagi di surgaNya.

“Kepergianmu membuatku mengerti bahwa rindu paling menyakitkan adalah merindukan seseorang yang telah tiada. Namun kepergianmu pun mengajarkan bahwa tuhan selalu ada untuk mendengarkan segala doa dan harapan.”

Leave a comment